Perkembangan Profesi SI & TI

Pengertian Profesi

Belum ada kata sepakat mengenai pengertian profesi karena tidak ada standar pekerjaan atau tugas yang bagaimanakah yang bisa dikatakan sebagai profesi. Ada yang mengatakan bahwa profesi adalah “jabatan seseorang walau profesi tersebut tidak bersifat komersial”.  Secara tradisional ada 4 profesi yang sudah dikenal yaitu kedokteran, hukum, pendidikan, dan kependetaan.

Pengertian yang sampai saat ini dipahami di Indonesia adalah profesi bukan semata-mata pekerjaan (okupasi), dan syarat profesional (orang yang melakukan profesi) adalah:

  • Melalui pendidikan formal setara kesarjanaan (pendidikan di Universitas)
  • Mempunyai nilai-nilai (values) yang dipertaruhkan
  • Memiliki dan mengamalkan kode etik profesi
  • Mempunyai tujuan atau sasaran tertentu yakni demi kebaikan klien

Pengertian Profesionalisme, Profesional dan Profesi Profesionalisme adalah suatu paham yang menginginkan dilakukannya kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, berbekalkan keahlian yang tinggi dan berdasarkan rasa keterpanggilan – ikrar (fateri/profiteri) untuk menerima panggilan tersebut – dengan semangat pengabdian dan selalu siap memberikan pertolongan kepada sesama yang tengah dirundung kesulitan (Wignjosoebroto, 1999).

Dengan demikian seorang profesional jelas harus memiliki profesi tertentu yang diperoleh melalui sebuah proses pendidikan maupun pelatihan khusus. Disamping itu, ada unsur semangat pengabdian (panggilan profesi) dalam melaksanakan suatu kegiatan kerja. Hal ini perlu ditekankan untuk membedakan dengan kerja biasa (occupation) yang semata bertujuan mencari nafkah atau kekayaan materiil-duniawi.

 

I. Perkembangan Profesi TI (Teknologi Informasi )

Berbicara tentang perkembangan profesi di bidang Teknologi Informasi, semenjak awal penemuan teknologi komputer di era 1940-an, telah banyak berkembang profesi yang bergelut di bidang teknologi informasi, dan yang paling besar adalah dengan menggunakan teknologi komputer. Dimana pada setiap era yang ada, pasti memiliki tingkat kerumitan yang berbeda. Pada era sekarang pun hampir semua pekerjaan baik di kantor, sekolah, atau dimanapun pasti menggunakan peralatan yang berbasis teknologi informasi.

 

Pada era sekarang, secara umum pekerjaan dalam bidang IT setidaknya dibagi dalam 3 kelompok. Dasar pengelompokan ini berdasarkan bidang yang digelutinya.

 

  1. Kelompok yang bergelut di bidang Perangkat Lunak ( Software ), mereka adalah orang yang merancang sistem operasi maupun sistem aplikasi di dalam komputer. Pada kelompok ini terdapat pekerjaan seperti:
  • Sistem Analis, tugasnya untuk menganalisa sistem yang ada.
  • Programmer, membuat program sesuai hasil analisa dari sistem analis.
  • Web designer,  melakukan analisis dan desain terhadap web.
  • Web programmer, membuat program berbasis web sesuai rancangan web designer.
  1. Kelompok yang bergelut di  bidang Perangkat Keras ( Hardware ), pada kelompok ini terdapat pekerjaan:
  • Technical Engineer, biasa disebut teknisi. Tugasnya berkaitan dengan pemeliharaan sistem komputer.
  • Networking Engineer, tugasnya berkaitan dengan teknis jaringan komputer.
  1. Kelompok yang bergelut di bidang operasional Sistem Informasi, yaitu berupa Sistem Administrator yang tugasnya melakukan administrasi dan pengaturan – pengaturan terhadap sistem suatu komputer.

 

Untuk perkembangannya di Indonesia, sudah banyak jenis – jenis pekerjaan yang berkecimpung di bidang IT. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Analyst Programmer

Tugasnya merancang, dan menguji program untuk mendukung perencanaan, pengembangan sebuah sistem atau aplikasi.

  1. Web Designer

Mengembangkan rancangan desain aplikasi berbasis web beserta isinya.

  1. System Programmer

Menyiapkan program sesuai spesifikasi dan menguji program yang telah dibuat.

  1. IT Executive

Memelihara kecukupan, standard dan kesiapan sistem. Serta untuk meenrapkan prosedur IT dan memastikan data terproteksi secara maksimum.

  1. IT Administrator

Menyediakan implementaasi dan admistrasi yang meliputi LAN, WAN, ataupun koneksi dial-up.

  1. Network Administrator

Mengoperasikan jaringan LAN dan WAN, memanage sistem dan perangka kerasnya.

  1. Database Administrator

Bertanggung jawab untuk pemeliharaan teknis yang menyangkut sistem database.

  1. System Engineering

Menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT Administrator.

  1. Network Support Engineer

Melaksanakan komunikasi dan analisa sistem networking dan ikut serta dalam pengembangan keamanan LAN dan WAN.

  1. IT Manager

Mengatur kelancaran sistem IT dan mengembangkan teknologi IT terbaru dalam bidang yang diperlukan.

 

II. Perkembangan Profesi SI (Sistem Informasi )

Jurusan komputer merupakan jurusan yang semuanya membahas tentang hal yang berkaitan dengan komputer, baik itu software ataupun hardware. Dalam jurusan komputer terdapat beberapa jurusan yaitu Sistem informasi dan Teknik Informatika.

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan

kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan.Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.

  • KOMPONEN SISTEM INFORMASI

Sistem informasi terdiri dari komponenkomponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.

  1. Komponen input

Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.

  1. Komponen model

Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

  1. Komponen output

Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.

  1. Komponen teknologi

Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk

menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

  1. Komponen hardware

Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi. Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.

6.Komponen software

Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.

  1. Komponen basis data

Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).

  1. Komponen kontrol

Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air,debu, kecurangankecurangan, kegagalankegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahankesalahan dapat langsung cepat diatasi

  • ELEMEN SISTEM INFORMASI

Sistem informasi terdiri dari elemenelemen yang terdiri dari orang, prosedur,perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik.

  1. Orang

Orang atau personil yang di maksudkan yaitu operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP

  1. Prosedur

Prosedur merupakan elemen fisik. Hal ini di sebabkan karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.

  1. Perangkat keras

Perangkat keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolah, unit masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran.

  1. Perangkat lunak

Perangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama :

A. Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen          data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.

B. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.

C. Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk            setiap aplikasi.

  1. Basis data

File yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.

  • Bidang keahlian dalam sistem informasi

            Rekayasa perangkat lunak

Bidang keahlian ini  memiliki peluang besar dalam dunia karir Sistem informasi dan teknik informatika. Biasanya keahlian ini di butuhkan pada sektor industri maupun jasa pada posisi departemen tekonologi informasi, analis, system support dan programmer.

Disain grafis & multimedia

Keahlian pada bidang ini di butuhkan para pengembang software house, otomasi perkantoran dan perusahaan yang bergerak pada sistem pengamanan.

Perangkat lunak dan sistem jaringan

Tingginya kebutuhan akan tenaga ahli dalam perangkat lunak sistem dan jaringan menyebabkan profesi ini menjadi salah satu tulang punggung pada industri yang operasionalnya banyak mengandalkan pengolahan data berbasis jaringan. Yaitu pada ISP (Internet service provider)

Manajemen Informatika

Pada bidang ini memiliki kelebihan dalam kualifikasi bagi mereka yang mampu mengisi posisi dalam ruang lingkup yang luas, yaitu terutama pada bidang manajemen teknologi sistem informasi

Komputerisasi Akuntansi

Merupakan bidang yang di tuntut untuk mengikiti perkembangan zaman. Perkuliahan akuntansi yang berbasis komputer selain membentuk ahli akuntansi juga menjadi tenaga propesional yang handal dalam rekayasa sistem informasi akuntansi serta terampil dalam bidang pengembangan sistem akuntansi.

E-Commerence

Sektor industri e commerence seperti perusahaan trading export import, hotel dan perbankan adalah sektor industri yang membutuhkan tenaga E-commerence. Bidang keahlian ini di harapkan dapat berinteraksi dan bekerja pada sebuah perusahaan yang bergerak internet.

 

SEKIAN DAN  TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT HEHE :)…….

Sumber :

http://kelompok11totolan.blogspot.co.id/2014/04/profesi-sistem-informasi.html

Perbandingan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi

http://note-why.blogspot.co.id/2012/06/profesi-lulusan-sistem-informasi.html

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s