Etika Profesi Network Administrator

Network Administrator merupakan suatu profesi yang bertanggung jawab atas pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak pada jaringan komputer. Mencakup penggunaan, konfigurasi, pemeliharaan dan pemantauan peralatan jaringan yang aktif.

Network Administrator berkonsentrasi pada integritas keseluruhan jaringan, server penyebaran, keamanan, dan memastikan bahwa seluruh jaringan konektivitas atau infrastruktur LAN WAN sebuah perusahaan setara dengan pertimbangan teknis di tingkat jaringan hirarki organisasi. Network Administrator dianggap personil pendukung tingkat 3 yang hanya memperbaiki masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan di tingkat 1 (helpdesk) atau tingkat 2 (desktop/teknisi jaringan). seorang Network Administrator juga dapat merencanakan dan mengatur jaringan.

( LATAR BELAKANG SEORANG NETWORK ADMINISTRATOR )

Seorang Network Administrator jaringan harus memiliki latar belakang yang kuat dalam matematika, ilmu pengetahuan, dan ilmu komputer, serta pengalaman bekerja dengan komputer. Meskipun gelar sarjana dalam ilmu komputer, ilmu sistem, atau matematika tersebut tidak mutlak diperlukan untuk menjadi seorang Network Administrator, namun akan sulit tanpa menguasainya sama sekali.

Network Administrator harus akrab dengan berbagai sistem operasi jaringan, termasuk Microsoft, Novell, dan Unix. Karena perubahan teknologi komputer sangat cepat, administrator harus terus-menerus meningkatkan basis pengetahuan mereka.

( KEMAMPUAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SESEORANG YANG BERPROFESI SEBAGAI NETWORK ADMINISTRATOR )

Pekerjaan seorang network administrator bisa dikatakan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus karena ada beberapa hal umum yang harus di kuasai antara lain yaitu :

  • Pengetahuan dasar tentang komputer teori maupun praktek, hal ini sangat penting karena seorang administrator harus mampu mengetahui kerja sistem computer dengan baik. Termasuk di dalamnya adalah basic hardware networking, basic IP dan Subnetting , technology switching,  routing dll.
  • Pengetahuan tentang berbagai perangkat keras yang terkait dengan Jaringan seperti : repeater, hub , switch, router, antena dll
  • Selain kemampuan secara teori maupun praktek yang harus di kuasai dengan baik adalah memiliki etika profesional, karena tanpa etika dan sikap seseorang profesioanal yang baik maka semua kemampuan yang dimiliki tidak banyak mempunyai arti.

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai seorang network administrator memang tidak mudah selain harus mempunyai pengalaman dan ijasah formal juga harus didukung dengan program sertifikasi untuk mendukung beberapa hal antara lain yaitu :

  • Memberi cara yang standart dan terukur untuk mengukur kemampuan teknis.
  • Adanya pengakuan secara global baik pemerintah maupun swasta tentang tingkat kemampuan seseorang terhadap sebuah profesi
  • Memperoleh peningkatan karier dan pendapatan
  • Adanya pengakuan organisasi profesi sejenis
  • Membuka akses lapangan pekerjaan
  • Pekerjaan IT Membutuhkan expertise

 

( ETIKA PROFESI NETWORK ADMINISTRATOR )

Etika profesi itu merupakan sarana untuk membantu para pelaksana sebagai seseorang yang professional supaya tidak dapat merusak etika profesi. Ada tiga hal pokok yang merupakan fungsi dari kode etik profesi (Aini N, 2009):
1. Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan. Maksudnya bahwa dengan kode etik profesi, pelaksana profesi mampu mengetahui suatu hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
2. Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Maksudnya bahwa etika profesi dapat memberikan suatu pengetahuan kepada masyarakat agar juga dapat memahami arti pentingnya suatu profesi, sehingga memungkinkan pengontrolan terhadap para pelaksana di lapangan kerja (kalangan sosial).
3. Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak di luar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi. Arti tersebut dapat dijelaskan bahwa para pelaksana profesi pada suatu instansi atau perusahaan yang lain tidak boleh mencampuri pelaksanaan profesi di lain instansi atau perusahaan.
Seorang Netwok Administrator yang berkerja dalam Team maupun individual tentunya memiliki kemampuan dalam hal IT Network / Network Administrator, memahami LAN, WAN, Mailserver, PDC/BDC, Linux / Free BSD, menguasai Linux Server, menguasai Windows Administrator Tool (Ratih F, 2005).
Selain itu Network Administrator juga harus memiliki kemampuan menghubungkan perangkat keras, Administrater dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network, Administrater perangkat network, memahami routing, mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya, mengelola network scurity, monitor dan Administrater sebuah database.

Sumber : http://karyatulisuksw.blogspot.co.id/2013/06/network-administrator-profesi-yang.html

http://frankyhaha07.blogspot.co.id/2011/07/network-administrator.html

http://www.youthmanual.com/profesi/digital-komputer-informatika/administrator-sistem-jaringan-dan-komputer

SEKIAN DAN TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT HEHE …. 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s